Wednesday, January 25, 2006

Petiiiissssshhh

KLIK !!
Ifa & her oldis buddis

Foto diatas adalah sisa kegiatan waktu taun baruan kemaren, maap baru keinget... Itu ada 2 anak kecil, yang satu adalah DD Ifa, dipangku ama Enin Betty (my beloved mother, Ifanya ga malik ke kamera) dan Debot, anaknya kakaku, ibunya sebelahnya yang pake baju puti (kakakulakilaki, yang difoto, iparnya abah). Plus Nini2 gaul dan tante2nya yang masih ingin dibilang muda :p. Pulang dari lembang sebetulnya masih ada foto di parang, tapi itu mah entar aja, disatuin dalam "sejutagayaseribuekspresi!"


Petis ini akan bercerita ttg HUT T Khansa yang kedua, 4 Januari 2006 kemaren. Basi ? embeeerr... tapi dengan segala keterbatasan sarana-prasarana-waktu, kami masih tetep pengen record ini bisa dinikmati Khansa & Ifa nantinya :)

Kami tinggal di sebuah tempat, yang didalam peta Jabotabek keluaran 2005, belum terdetailkan :( Padahal kalo diukur di peta pake penggaris, cuman tinggal 4 cm lagi dari daerah yang sudah terdetailkan. Jauh dari Jakarta ? Ya, namun cukup nyaman untuk pulang pergi ke tempat kerja. Rumahnya ada dalam perumahan, yang sangat dekat dengan perkampungan penduduk sini. Situasi ini membuat hubungan antar tetangga masih bisa dijaga dengan baik. Abah masih bisa berbangga bahwa abah tahu nama tetangga abah yang beda RT dengan abah, komo deui nu saRT mah (kan abah teh sekertaris RT, hehe) yang mana istrinya dan nama 2 orang anaknya (yap, karena sering maen dan bertengkar ama si cikal :p). Situasi ini juga yang menjadi perhatian kami kalo mau ngadain syukuran HUT anak kami. Setelah berhitung dengan kemampuan, kebutuhan dan keperluan, akhirnya kami ngobrol ama tetangga2 untuk bantuin masak nasi kuning. Ada seorang Bude, yang biasa masak. Setelah konsultasi nanya ttg harga bahan baku, jumlahnya berapa, dan lain sajabana, dibantu beberapa tetangga, dengan alat masak kepunyaan RT dan semangat dari si cikal, kita pun bergerak untuk bikin nasi kuning lengkaph. Malemnya abahambu & khansa keliling beli wadah untuk ngebungkus, plastik, krupuk dll. Entah ngerti ato ngga, tapi abah liat kalo khansa tuh semanget banget, sampe2 dia bisa ngingetin kita untuk beli buah untuk besok. Semua ikut sibuk, termasuk yang ulang taun, nyicipin semua makanan yang di masak :/

Siang harinya, semua temen khansa yang deket rumah ngumpul & dapet tugas dari ambu untuk bagi2in makanan ke tetangga di lingkungan kita. Sebenernya 1 anak cuman dapet jatah ngebagiin ke 5 rumah, tapi entah karena mereka seneng bareng/ takut sendiri, pada akhirnya rombongan anak2 itu keliling ke semua rumah sambil nganterin makanan, hihihi lucu banget lho kalo merhatiin mereka yang berduyun2 sambil bawa plastik. Dan hebatnya, semua anak mengatur yang lainnya, sehingga rame bacecot teu puguh.. seru !! Klliiirrrtttt.... sayang, batre digicam abis, harus di cas (charge-red) dulu ini mah:( So, moment ini ga bisa kami abadikan... Maaf ya Khansa, Abah ga cek batre dulu paginya...

Sampe menjelang sore, semua babaladan Khansa maen dirumah. Sumpeh deh rieut ! Seringkali Abah keuheul kalo liat anakku diperdaya/dicurangin ama anak lain... tapi kok kalo liat mereka sih, kayaknya asik2 aja tuh saling memperdaya/ berebut dll, setelah itu mereka akan ribut, dan menyelesaikan masalahnya sendiri dengan cara mereka yang fantastis... nyantolin kelingking ! Childhood emang penuh keajaiban :)
Khansa : Abaah.. akku mau mayiiiin !
Abah : Mo maen kemana ?
Khansa : akku mau jaan-jaan (jalan-jalan - red)
Ambu : Jalan-jalan ma siapa Sa ?
Abah : Kemana ?
Khansa : (bingung..) Jaan-jaan ama temen akkku !!... ayu abaaaah, kita jaan-jaan
(AbahAmbu bengong mendengar permintaan Khansa yang pengen jalan2 ama temen2nya, Abahambu saling pandang, senyum penuh arti, dan... kita sepakat bawa mereka ke timezone, 6 anak. Sekalian latihan kalo punya anak banyak tuh gimana rasanya ya kalo ngajak maen ?? hehehe). Setelah minta ijin sama ortunya anak tetangga, selepas maghrib, kami pun berangkat. Kami keluarga didepan, dibelakang dijejelin 5 orang. 4 orang bisa duduk nyaman, 1 orang yang paling kecil, dilahun... emmhh, lahun teh naon nya ? mmm dipangku !:)

Abaah.. jaan-jaan yu sama temen akku !!

Sesampenya diparkiran, kami keluarga turun dan ngebukain pintu belakang... Eta barudak langsung ngaburulu dan lsg jingkrak2an... "Aduh Ibu anaknya banyak amaaatt ??" "Haaah, bukan anak saya semuanya ini mah Pa, kita mah lagi ngajakin maen anak tetangga !! (dengan gesit Ambu menukas pernyataan seorang bapak yang kagum melihat kita bawa anak saborondoyot, dan juga menjawab keheranan orang2 sekitar yang kita prediksi sih, menyimpan pernyataan yang serupa dengan bapak tadi.. all we can do are : senyum haseum dan sibuk mengatur jalannya rombongan) "Awaas.. aduuh.. hati-hati... kesini aja jalannya... ayu bareng2... pegangan tangan... itu barang jangan dipegangin, entar jatoh... jangan jauh-jauh... iya, nanti aja liatnya... haah, mana si fulan... itu jagain temennya... blablabla...." adalah perbendaharaan kata yang banyak kami gunakan selama berjalan bersama rombongan. Ngabring ke lantai 2, menuju timezone, barudak lsg aja ngabaralecet ke mesin games "om ! aku mau ini dong... tante, main yang ini gimana caranya ?.. awas aku dulu.." glek ! abahambu sudah mulai saling nyengir "gimana ? seneng ga punya anak banyak? huahahaha..." abahambu ambil nafas dalam2, dan ... HHAA !! mari kita hibur anak2 kita ! Ambu menyusun aturan dalam bermain, berkeliaran, jatah koin, dll. Abah beli koin "100 koin mba.." "100 ? banyak amat pak ?" "buat anak2.. (lagian usil amat, abah mau beli berapa juga kan ga apa2)" "emang anaknya ada berapa ?" belum sempet abah menjawab, dari belakang rombongan bebenyit sudah ngasongkeun tangan "om, minta koinnya dong... abah, akku mau !!..." Dan si mba yang ngelayanin penukaran koin pun terlihat mahfum... (oooh, apakah semua orang yang melihat kami mempunyai persepsi yang sama terhadap abahambu dengan membawa 6 orang anak, yang kebetulan, dari sisi umur kayaknya pantes2 aja kalo jadi adik kakak ?? EGP !) "Ayo kita maiiiin !!" Khansa ngasih komando ama temen2nya. Berhubung anakku baru 2 tahun, maka permainan yang paling menarik minatnya adalah yang ini... Klik !

Naik kuda baaahh !!

Mandi Bola !

Foto lengkap bisa dilihat disini... eh salah ketang.. liatnya disana aja ! Setelah semua kenyang maen dan ngumpulin banyak tiket hadiah, kamipun menukarkan hadiah ke counter dengan aneka macam pernik khas anak kecil. Seneng deh liat mereka gembira, crita2 ttg permainan mereka sambil ngusap kringet yang kluar gara2 sibuk main kesana kemari. Turun dari lantai 2 pake eskalator.. gedubraak ! euleuh ada satu anak jatuh, eh terduduk deeng !.. wwaaa paniks !! semua anak jadi minta dipegangin... ditatap puluhan pasang mata yang melihat kami gelagapan, abahambu beraksi bari jeung lieur... "aabaah, akku takyutt... gendong... om, pegangin dong omm... tante aku gimana nih... tante, aku ingin terbang... (looh?)" akhirnya insiden reda sendiri setelah kita menawarkan mereka untuk minum dan makan "udah yu.. cup-cup... jangan ribut... tenang aja, semua dipegangin... yu kita turun trus kita amkan dulu..." (aduh, sampe salah nulis makan juga :p) Klik !!

Akku mau es kyim...

Makan dan minum belum beres, jam 20.45. Wah kemaleman neeh, pasti ibu2nya mereka lagi pada nongkring didepan rumah deh, nungguin anakanaknya. Yoo, kita abisin minum dan esnya sambil jalan aja yu ! Briing atuh kami teh ke parkiran lagi sambil terus ngomongin sesuatu. Sebelum kita pulang, eksyen !!

Hiiaaaa....

Nyampe depan rumah, ibu2 mereka lagi pada ngumpul didepan rumah Bude... setelah beramah tamah, kami pun semua masuk ke rumah masing-masing. Khansa lasg minta cuci tangan & kaki, masuk kamar dan minta dibikinin susu. Sebelum minum susunya "Abah, Ambu, makasih ya jaan-jaan sama temen akku, aku mau bobo yaa, bismiyaah..." minum susu dan langsung tidur. Alhamdulillah... walopun badan pegel seperti habis maen batminton ama icuk, pikiran ini jadi lega, dan hati abahambu jadi berbunga2 ngedenger kata2 Khansa sebelum tidur... Happy Birthday Our Khansa :) Cups...